Pecah Mitos... Tuah Alam Kaswira Nondri Kembali Rajai Tepian Tigo Muaro

By Redaksi 09 Jul 2024, 20:55:00 WIB Kuantan Singingi
Pecah Mitos... Tuah Alam Kaswira Nondri Kembali Rajai Tepian Tigo Muaro

Foto: Kaswira Nondri Saat Berada di Dalam Jalur Tuah Alam Kaswira Nondri. (Dok. Istimewa).


INUMAN | DETAKKita.com Mitos yang selama ini menjadi momok sehingga jalur-jalur yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi sepertinya enggan mengikuti kompetisi pada Festival Kebudayaan Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau di Tepian Tigo Muaro Kecamatan Inuman.


Namun hal itu kini tak berlaku lagi bagi jalur andalan Kecamatan Cerenti, yakni Tuah Alam Kaswira Nondri Desa Sikakak Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuansing. Dimana jalur tersebut sudah dua kali berturut-turut menyabet gelar Sang Juara di Tepian Tigo Muaro Kecamatan Inuman.

Baca Lainnya :


Hal itu dibenarkan Kepala Desa (Kades) Sikakak, Andri yang biasa disapa Aan kepada DETAKKita.com melalui sambungan sellulernya, Selasa (9/7/2024).


Menurut Andri, apa yang selama ini menjadi momok bagi jalur-jalur lain itu hanyalah sekedar mitos, dan itu hanya sekedar bualan belaka. Dimana jalur Tuah Alam Kaswira Nondri milik Desa Sikakak Cerenti itu sudah membuktikan mitos yang beredar hanyalah tahayul belaka.


“Ya kalau orang orang bilang, jika jalur sudah mendapatkan juara apalagi Juara Satu di Tepian Tigo Muaro tidak akan pernah muncul dan nama besarnya hanya akan menjadi kenangan, itu hanya mitos, hanya tahayul belaka, buktinya jalur kami Tuah Alam Kaswira Nondri sudah 2 tahun berturut turut dapat Juara 1 ditempat yang sama, kami tak percaya itu tahayul atau mitos,” ucapnya.


Dikatakan Andri, selain di tepian atau arena yang sama, jalur Tuah Alam Kaswira Nondri Desa Sikakak Cerenti juga mendapatkan gelar juara di arena lain, meskipun itu bukan gelar juara ke 1.


“Buktinya jalur kami Tuah Alam Kaswira Nondri Desa Sikakak Cerenti sebelum mendapat gelar Juara 1 yang kedua kalinya di Tepian Tigo Muaro ini, di Peranap belum lama ini juga dapat Juara 4, berarti mitos kan yang selama ini dikatakan masyarakat itu, kami tak percaya mitos atau tahayul itu, kami percaya kepada Allah SWT, tidak dengan yang lainnya. Kunci keberhasilan itu hanya 1, yakni jika Allah SWT berkehendak, maka akan terjadi, kedua disertai latihan dan kondisi jalan ataupun air Sungai Kuantan saja,” jelasnya menjelaskan.*

Editor : Redaksi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

  • ';