Layanan Sertipikat Elektronik Diharapkan Permudah Urusan Pertanahan

By Redaksi 03 Jul 2024, 14:47:40 WIB Riau
Layanan Sertipikat Elektronik Diharapkan Permudah Urusan Pertanahan

(Foto: Istimewa / DETAKKita.com).


PEKANBARU | DETAKKita.com Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Dr H Suhardiman Amby Ak MM diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), dr H Fahdiansyah SpOG menghadiri implementasi dan sosialisasi penerbitan sertipikat elektronik pada 10 Kantor Pertanahan di Provinsi Riau.


Dimana kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka percepatan dan mempermudah dalam pengurusan dan keamanan dokumen terutama dibidang pertanahan, dimana kedepannya semua dokumen pertanahan beralih ke sistem elektronik.

Baca Lainnya :


Pj Gubernur Riau, Ir H SF Hariyanto MT dalam arahannya menyampaikan, bahwa pentingnya layanan sertipikat elektronik sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan publik. Dimana layanan tersebut merupakan langkah maju dalam proses digitalisasi dan reformasi birokrasi di Riau, pada Rabu (3/7/2024) di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru.


“Sertipikat elektronik diharapkan dapat mengurangi resiko kehilangan kerusakan dan berduplikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab ini adalah bentuk upaya pemerintah untuk menyelamatkan hak atas tanah yang dimiliki masyarakat,” katanya.


Menurutnya, sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan manfaat serta prosedur penggunaan layanan sertipikat elektronik yang diluncurkan oleh BPN Provinsi Riau. Dengan begitu, pengurusan hak atas tanah dapat diakses secara mudah bagi masyarakat.


“Ini juga bertujuan mewujudkan modernisasi pelayanan pertanahan guna meningkatkan indikator kemudahan berusaha dan pelayanan publik kepada masyarakat,” jelasnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Riau, Nurhadi Putra APtnh MM menerangkan, bahwa transformasi dari layanan analog ke elektronik ini dimulai sejak 4 Desember 2023 yang lalu, yaitu perubahan dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo. Kemudian, memiliki dasar hukum berdasarkan Peraturan Menteri ATR BPN nomor 3 tahun 2023 tentang penerbitan dokumen elektronik dalam kegiatan pendaftaran tanah.


“Dasar hukumnya adalah Peraturan Menteri ATR BPN nomor 3 tahun 2023, melalui penerapan sertipikat tanah elektronik proses pendaftaran tanah dan pelayanan di bidang pertanahan memiliki banyak keuntungan yaitu pendaftaran tanah akan semakin mudah cepat dan efektif serta efesien,” terangnya.


Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kuansing Dr H Suhardiman Amby Ak MM yang diwakili Pj Sekda dr H Fahdiansyah SpOG menyampaikan, dengan adanya layanan sertipikat elektronik pertanahan ini, kedepannya diharapkan mampu mempermudah masyarakat.


“Tujuannya tentu untuk kemudahan masyarakat dalam urusan pertanahan, dan ini pastinya akan kita dukung, dimana semua layanan akan terintegrasi dalam aplikasi nantinya,” ucapnya.


Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor BPN Kuansing, Firdaus Alfiat didampingi Staf Kantor, Seven Reno SH menyambut baik sistem layanan sertipikat elektronik yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo dan diteruskan Menteri ATR BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) agar segera terealisasi di tingkat Kabupaten/Kota.


“Ya, ini segera kita tindak lanjuti dan akan disosialisasikan segera di tingkat Kabupaten Kuantan Singingi, sehingga layanan ini bisa segera diakses dan diaktifkan,” tandasnya.*

Editor : Redaksi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

  • ';