Kuansing Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Bencana Alam Tanah Datar

By Redaksi 07 Jun 2024, 17:07:34 WIB Kuantan Singingi
Kuansing Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Bencana Alam Tanah Datar

Kuansing Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Bencana Alam Tanah Datar di Indo Jolito Rumdis Bupati Tanah Datar, Jum’at (7/6/2024). (Dok. Rihandro Haidi / DETAKKita.com).


TANAH DATAR | DETAKKita.com Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM menyambut dengan hangat rombongan dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam di Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Indo Jolito Rumah Dinas (Rumdis) Bupati, Jum’at (7/6/2024) ba’da Jum’at.


Dimana rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing dipimpin langsung Bupati Dr H Suhardiman Amby Ak MM diwakili Asisten II Ir H Maisir didampingi Staf Ahli Dr H Indra Suandy ST MSi dan Ir H Samsir Alam MM, Plt Kasat Pol PP PKP Rio Kasyter Wandra SE MSi, Kalaksa BPBD H Yulizar M SSos MSi beserta rombongan lainnya itu menempuh perjalanan selama 6 jam dengan berbagai medan.

Baca Lainnya :


Bupati Tanah Datar Eka Putra sangat mengapresiasi kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuansing terhadap bencana yang tengah menimpa masyarakat dan daerah Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumbar tersebut.


“Terimakasih atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi terhadap apa yang telah menimpa masyarakat, dan daerah kami Kabupaten Tanah Datar ini, dimana pemerintah dan masyarakat Kuantan Singingi telah mendonasikan bantuan sehingga ini menjadi suatu yang berarti bagi kami ditengah bencana yang terjadi,” ucap Bupati Tanah Datar yang mengaku pernah tinggal dimasa lalunya di Lubuk Jambi Kabupaten Kuansing itu.


Kadis Kominfo Tanah Datar, Drs Yusrizal dalam kesempatan itu memaparkan terkait musibah yang telah menimpa daerahnya tersebut, dimana bencana itu menelan ribuan korban, 43 meninggal dan 10 korban hilang.


“Dari ribuan orang korban jiwa ini, 43 dinyatakan meninggal dunia, sebanyak 10 orang hilang, 7 diantaranya sudah di ikhlaskan pihak keluarga, namun 3 lainnya masih dilakukan pencarian. Kendati demikian, untuk status darurat bencana yang berlangsung selama 14 hari berlangsung, besok terakhir,” jelasnya.


Sementara itu, Asisten II Ir H Maisir yang mewakili Bupati Kuansing Dr H Suhardiman Amby Ak MM itu menjelaskan, dimana bantuan yang telah diserahkan berupa uang tunai sebanyak Rp 116.653.000,- serta berupa pakaian dan lainnya itu berasal dari para Pejabat Pemkab, Korwil, serta sekolah di Kabupaten Kuansing.


“Atas nama Pemerintah Kabupaten beserta seluruh masyarakat Kuantan Singingi kami mengucapkan turut berduka yang mendalam, yang telah menimpa Kabupaten Tanah Datar. Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT serta diberikan kesabaran atas musibah yang menimpa saudara kita di Tanah Datar ini, tetap semangat dan semoga ini cepat berlalu,” ungkapnya.


Dalam kesempatan ini, dimana Bupati Kuansing H Suhardiman Amby yang berhalangan hadir dikarenakan adanya agenda yang tidak bisa ditinggalkan itu, Asisten II Maisir juga mempromosikan kebudayaan pacu jalur kepada Pemkab Tanah Datar.


“Insya Allah tahun ini kami Kabupaten Kuantan Singingi kembali akan mengadakan Event Kebudayaan Pacu Jalur Nasional pada 21 hingga 25 Agustus 2024 di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Dimana nantinya, insya Allah akan dibuka secara langsung oleh pak Gibran, Wakil Presiden Terpilih,” jelasnya.


Mendengar hal itu, Bupati Eka Putra yang pernah tinggal di Kabupaten Kuansing beberapa waktu lalu itu, ia berharap nantinya Pemkab Kuansing akan mengundang Kabupaten Tanah Datar pada pembukaan nantinya.


“Insya Allah nantinya jika berkenan mengundang kami, dan kami berkesempatan akan hadir disaat pelaksanaan nantinya,” ucapnya.

Disamping itu, Kalaksa BPBD Kuansing H Yulizar M SSos MSi juga menimpali, ia akan menyampaikan pesan tersebut kepada Bupati Kuansing Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby saat kembali nantinya.


“Ya, selain pak Bupati Tanah Datar Eka Putra, sebelumnya pihak BPBD Tanah Datar juga berharap diundang untuk bisa hadir dalam pelaksanaan Event Kebudayaan Nasional Pacu Jalur Kuantan Singingi yang sudah masuk sebagai 10 besar Kharisma Event Nasional atau KEN, kita akan ingat ke pak Bupati Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby dan panitia penyelenggara pacu jalur nantinya,” tandasnya.*

Editor : Redaksi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

  • ';